Cara menggunakan drop cap, columns, header, dan footer, watermark

 Drop Cap merupakan huruf/kata pada awal paragraf principle ditampilkan dengan ukuran besar dan dibentuk dengan format principle berbeda dengan teks lainnya. Fungsi dropcap untuk membuat tulisan lebih besar pada awal paragraf.Drop Cap hanya dapat digunakan satu karakter dan tidak dapat digunakan pada data tabel, Header / judul kepala dan Footer (judul kaki). Untuk melihat hasil Drop Cap, pastikan lembar kerja Microsoft Word tampil dalam tampilan Print Layout View. Berikut contoh hasil data dari penggunaan menu drop cap :


Berikut langkah-langkah membuat Drop Cap :

1. Pertama-tama Blok tulisan yang akan kita buat Drop Cap

2. Kemudian, klik Insert

3. Pilih Drop Cap, seperti gambar dibawah ini

4. Dalam Pilihannya ada dua macam Drop Cap yaitu, “ Dropped” dan “In Margin”, pilihlah sesuai dengan kehendak kita

5. Dan untuk Pengaturan lebih lanjut bisa menggunakan menu “ Drop Cap   Option”,

6. Pengaturannya adalah sebagai berikut, Font untuk memilih Jenis Huruf yang akan digunakan, Lines to Drop merupakan berapa banyak huruf Drop Cap akan terkena dalam paragraf tersebut. DanDistance From Teks adalah jarak huruf Drop Cap ke huruf selanjutnya dalam kalimat tersebut.

Columns berfungsi untuk membagi text menjadi beberapa bagian kolom, yang biasanya kita lihat pada penulisan koran, majalah dan media cetak lainnya.Berikut contoh hasil dari columns :

Berikut langkah-langkah dalam membuat Columns :

1. Sebelum membuat columns sebaiknya setelah semua artikel telah selesai ditulis, sehingga kita bisa seleksi text yang akan dibuat kolom dengan mudah.

2. Block/seleksi text yang akan dibuat kolom kemudian klik > tab Page Layout >Page Setup kemudian > Columns

3. Klik tanda panah kebawah akan muncul beberapa pilihan : One (satu),dua, tiga kolom dst.

4. Klik salah satu misalnya Two (dua kolom)

3.Header & Footer

          Header berfungsi membuat catatan yang dicetak pada bagian atas setiap halaman, Sedangkan Footer catatan yan dicetak pada bagian bawah setiap halaman.

Berikut langkah-langkah membuat header & footer :
1.Klik pada tab insert :

2.Sorot pada panel Header & Footer kemudian > klik menu Header :

 3.Selanjutnya akan muncul format/style header yang bisa dipilih Sebagai kebutuhan.Sebagai contoh : pilihheader dengan format/style Annual :

4.Selanjutnya ketikan catatan header yang akan ditampilkan. 
Clip Art berfungsi untuk menyisipkan objek dasar yang telah disediakan dalam ms.word untuk disisipkan atau dimasukan kedalam dokumen.

Berikut langkah-langkah untuk membuat clip art :

1.Pilih tab ribbon Insert lalu pada grup Illustrations pilih computer graphics untuk membuka jendela taks pane computer graphics

2. Apabila dalam kotak daftar tidak terdapat pilihan objek gambar yang diingin disisipkan, maka klik tombol Go untuk menampilkan objek-objek  gambar tersebut.

3. Pilih worship satu objek gambar dalam kotak daftar objek dan perhatikan bahwa objek principle terpilih langsung disisipkan ke dalam dokumen.

4. Clip Art yang anda pilih untuk dimasukan akan terlihat didokumen.





Komentar